Read More Info | Review SmartPhone | Review Notebook | Review Camera And Video Camera | Info Harga

10 Tips menghemat baterai android

10 Tips menghemat baterai android, bagaimana cara menghemat baterai?. Bagi kamu yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, atau yang kegiatannya harus di dukung dengan perangkat telekomunikasi daya tahan baterai adalah sesuatu yang sangat penting. Pastinya ketika dalam perjalanan anda tidak ingin kehabisan baterai secara drastis, walau sudah ada power bank. Nah tahukan kamu, bahwa smartphone android kamu bisa di optimalkan penggunaan baterainya sehingga lebih irit. Ya walaupun beberapa smartphone keluaran anyar sudah otomatis memiliki fitur ini. Nah berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Lihat apa saja yang mengonsumsi batrai paling kuat.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang memakan banyak baterai ikuti langkah berikut;
Arahkan ke Settings > Battery. Di sana kamu dapat melihat rincian terorganisir aplikasi apa saja yang mengkonsumsi baterai ponsel Anda.  Aplikasi dan fitur akan di tampilkan secara berurutan, aplikasi dan fitur dengan konsumsi baterai tertinggi berada di bagian atas.

Pada gambar terlihat bahwa konsumsi baterai tertinggi berada di fitur Screen atau layar. Maka boleh di coba atau setting layar menjadi atau agak redub. Nah kamu bisa cari aplikasi atau fitur lain yang kamu tidak gunakan. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi tersebut.

2. Mengurangi Aplikasi Aktif.
Coba lakukan pemilihan aplikasi. Seberapa sering anda membuka dan membiarkan aplikasi yang terus aktif. Anda bisa melakukan uji coba, misalnya pada Facebook, Twitter, BBM atau Instagram. Dari empat aplikasi tersbut coba bandingkan mana yang selalu aktif dan anda gunakan, seberapa sering dan seberapa lama anda menggunakan. Nah pada jam-jam tertentu ketika anda tidak menggunakan alangkah lebih baik anda non aktifkan. Misal Twitter dan Facebook karena anda menggunakan komunikasi melalui BBM maka biarkan BBM yang selalu aktif. Namun hal ini menjadikan anda tidak mendapatkan pemberitahun pada Twitter atau Facebook ketika anda tidak sedang membuka aplikasi tersebut.

3. Matikan Hardware yang tidak di perlukan. 

Saat ini smartphone sudah di lengkapi hardware canggih seperti; LTE, NFC, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth. Coba kita periksa dan pastikan apakah kamu benar-benar membutuhkan semua itu untuk aktif selama 24 jam penuh?

Misalnya fitur LOCATION apakah setiap waktu anda membutuhkan fitur tersebut? ketika tidak maka lebih baik untuk di nonaktifkan, sebab fitur ini begitu drastis mengurangi daya baterai android kita. Begitu juga dengan wifi, bluetooth, GPS dan fitur lainnya. Lebih baik di nonaktifkan ketika tidak di perlukan. Kebanyakan smartphone sudah memiliki jalan pintah di kontrol panel pada layar depan untuk mengakses menu ini. Seperti pada gambar di samping.


4. Gunakan mode hemat daya
Untuk beberapa smartphone keluaran anyar sudah di lengkapi dengan mode hemat daya. Seperti keluaran Apple generasi iphone 4 ke atas. Atau keluaran samsung Galaxy S5 dan generasi J, HTC One (M8) dan keluaran Xiaomi dan pebrikan lainnya. Sudah di lengkapi dengan Ultra Power Saving dan Power Saving Ekstrim mode, masing-masing, yang membatasi telepon untuk SMS, panggilan telepon, Web browsing, dan aplikasi jejaring sosial.

Kehadiran mode hemat daya, dapat memperpanjang umur baterai anda. Secara otomatis fitur ini akan menonaktifkan aplikasi atau fitur yang di rasa tidak di perlukan. Dengan mengatur berdasarkan presentase penggunaan aplikasi.


5. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.
Untuk melakukan hal ini cukup mudah; 
Masuk Settings> Apps, lalu geser ke kiri; di sana akan ada daftar aplikasi yang sedang berjalan. Anda dapat menghentikan aplikasi yang Anda tidak perlu berjalan di latar belakang sepanjang waktu.

Beberapa smartphone dapat langsung dengan menekan beberapa detik tombol home, maka akan muncuk aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang. Lalu kita geser ke kiri untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. Selain menghemat daya baterai cara ini juga akan mengurangi penggunaan memori RAM pada smartphone anda sehingga akan lebih ringan dari sebelumnya.

6. Nonaktifkan widget home screen yang tidak perlu dan wallpaper hidup.
Kita mungkin sering memasang widget di layar utama, dan kita mengira widget tidak aktif, namun tidak berarti mereka tidak mengkonsumsi baterai. Seperti widget portal berita, widget gambar, musik atau video online, memang memberi keindahan tersendiri namun perlu di ingat mereka melakukan update informasi secara berkala. Selain menguras baterai juga menguras data internet anda.

Selain itu coba untuk tidak menggunakan walplpaper animasi hidup. Sebab wallpaper hidup jelas membutuhkan baterai lebih banyak dari wallpaper mati (tidak bergerak). Namun perlu di catat tidak semua harus anda nonaktifkan, coba pilih yang menurut anda tidak begitu anda perlukan.

7. Turunkan kecerahan dan nonaktifkan fitur Automatic Brightness.

Automatic Brightness, atau fitur pengatur kecerahan layar otomatis memang di perlukan. Namun perlu di ingat bahwa fitur ini membuat daya baterai anda terkuras sebab dia akan dengan sendirinya mengatur kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya di luar. Perlu kiranya untuk kita non aktifkan, dan kita atur menjadi tetap yaitu redub, hanya ketika kita memerlukan layar lebih terang baru kita aktifkan.

8. Lakukan pembaharuan aplikasi.
Kebanyakan aplikasi selalu di sempurnakan oleh pengembang, tanpa terkecuali mereka juga memikirkan konsumsi aplikasi mereka terhadap baterai. Maka banyak pengembang berupaya menyajikan aplikasi dengan konsumsi daya rendah. Mereka selalu update aplikasi mereka, sehingga Anda harus memastikan aplikasi yang up to date. Perlu diingat walaupun kita telah mengatur update otomatis, beberapa aplikasi masih mengharuskan update secara manual dengan memeriksa pembaruan aplikasi di Google Play. Selain itu keuntungan update aplikasi adalah banyak bug yang sudah di atasi dan fitur di dalamnya yang telah di sempurnakan.

9. Perhatikan kekuatan sinyal.
Ketika kita sedang berada di daerah dengan cangkupan sinyal yang kurang, maka ponsel akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal. Hal ini memiliki efek buruk pada daya tahan baterai. Sebab telepon bekerja keras untuk mencari dan mendapatkan sinya. Jika sudah begiti tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Maka untuk menjaga agar baterai anda awet dan tidak cepat ngerdop atau rusak alangkah baiknya untuk mengatifkan Airplane Mode, atau menonaktifkan smartphone anda. Namun tentu saja jika Anda tidak sedang memerlukan internet atau menelepone seseorang.

10. Pintar sebelum membeli smartphone.
Nah yang terkahir ini, berlaku ketika kamu ingin membeli smartphone baru tentunya. Coba untuk mencari informasi detai tentang smartphone yang akan anda beli, kunjungi situ-situs yang mengulas dan melakukan tes daya tahan baterai. Perbanyan informasi tentang smartphone idaman anda, biar ngak nyesel ketika sudah memilikinya. Hehe.

Oke demikian 10 tips, untuk mengelola daya tahan baterai android anda. Terimakasih telah berkunjung.
Previous
Next Post »